PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Modern Daar Et-Taqwa Kecamatan Petir Kabupaten Serang Banten. Pendidikan Agama Islam yang dimaksud dalam penelitian ini ialah pelaksanaan pendidikan agama islam yang meliputi materi pendidikan agama islam yaitu al-qur’an hadis, fiqih, dan ibadah akhlak. Sedangkan yang dimaksud perilaku keagamaan siswa dalam penelitian ini yaitu sentuhan-sentuhan pengetahuan agama islam yang akan menjadi respon positif dalam bentuk perilaku keagamaan. Pembahasan yang lebih condongnya kepada ibadah dalam arti khusus yaitu ibadah mahdoh yang mencakup pada shalat, puasa, zakat dan haji.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif, yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan permasalahan yang ada sekarang. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi dimana angket sebagai tekhnik pokok pengumpulan data. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari angket yang telah disebarkan, menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 11.5
Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 62 siswa Madrasah Aliyah Daar Et-Taqwa Serang yang merupakan jumlah populasi keseluruhan siswa Madrasah Aliyah Daar Et-Taqwa Serang.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku keagamaan Siswa Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Modern Daar Et-Taqwa Serang. Besar pengaruh variabel x (Pendidikan agama Islam) terhadap variabel y (perilaku Keagamaan) adalah 59,7%.

Posted in , Comments Off

Comments are closed.